SHARE
Inter

CALCIOBUZZ.COM – Inter hanya ‘separuh’ mencapai target yang ditetapkan terhadap neraca 2017. Sebagai konsekuensi dari hal ini, Inter hanya diperbolehkan mendaftarkan 22 pemainnya di UEFA List A. Selain itu juga mendapatkan ‘transfer restrictions’ (pembatasan transfer): suatu kondisi dimana klub diminta untuk menjaga keseimbangan antara input dan output dari transfer pemain.

Inter, UEFA, FFP
UEFA.com

Dalam pengertian ini, untuk memasukan pembelian baru dengan total transfer 80 juta euro ke UEFA List A misal, maka penjualan pemain Inter juga harus di jumlah yang sama, 80 juta. Seperti apa yang sempat situs Calcio Finanza muat, CALCIOBUZZ coba menguraikan situasi tersebut:

Perekrutan pemain pada musim 2017/18 akan terhitung sebagai pembelian baru, dan untuk memasukkan pemain seperti Skriniar, Vecino dan Borja Valero ke skuad UCL nanti harus menyelaraskan dengan penjualan pemain yang terdaftar dalam skuad Eropa musim 2016/17. Ini juga berlaku untuk pembelian Inter musim 2018/19 seperti Lautaro Martinez dan Radja Nainggolan. Sementara itu, untuk kasus Stefan de Vrij dan Kwadwo Asamoah, mereka terbebaskan dari masalah ini mengingat hitung-hitungan transfer keduanya: 0 (bebas transfer).

Pada skuad Inter di Liga Europa musim 2016/17, Inter terpaksa tidak mendaftarkan Geoffrey Kondogbia, Stefan Jovetic, Gabigol dan Mario akibat masalah yang sama, yakni ‘transfer restrictions’ dan pembatasan skuad Eropa (21 pemain). Penjualan pemain di musim 2015/16 hanya menghasilkan 90 juta berbanding 215 juta pada pembelian (2015/16 dan 2016/17), hal ini yang membuat keempat pemain tersebut dikecualikan karena tidak ada saldo tersisa untuk menutupi besarnya nilai transfer mereka, terlebih Frank de Boer lebih memilih pemain baru yang memiliki banyak pengalaman, sebagai contoh: Candreva.

Lalu apakah penjualan pemain yang tidak terdaftar dalam skuad Eropa dapat membantu dan menambah saldo penjualan skuad Eropa musim 16/17? Menurut Calcio Finanza, ‘bisa’, tetapi hanya untuk 2 pemain saja dan dalam pengertian ini akan diisi oleh Kondogbia (25 juta) dan Jovetic (11). Untuk nama terakhir bisa digantikan dengan Caprari yang dibeli pada musim 2016/17 dan tak terdaftar dalam skuad Eropa. mengingat angka penjualannya ke Sampdoria lebih tinggi, yakni 15 juta.

FFP, Inter, Skuad
CalcioFinanza

Skuad Inter di Liga Europa 2016/17:

UEFA List A: Marco Andreolli, Cristian Ansaldi, Ever Banega, Tommaso Berni, Jonathan Biabiany, Marcelo Brozovic, Antonio Candreva, Juan Pablo Carrizo, Eder, Danilo D’Ambrosio, Samir Handanovic, Mauro Icardi, Gary Medel, Felipe Melo, Joao Miranda, Jeison Murillo, Yuto Nagatomo, Rodrigo Palacio, Ivan Perisic, Andrea Ranocchia, dan Davide Santon.

UEFA List B: Loris Zonta, Michele Di Gregorio, Axel Bakayoko, Senna Miangue, Ionut Radu, Andrea Pinamonti dan Assane Gnoukouri (sejak 18 September).


Dari skuad Eropa diatas, Medel, Melo, Banega, Ansaldi, Murillo, Miangue, Radu dan Santon telah terjual. Dan Nagatomo bersiap menjadi yang berikutnya. Dari mereka diperkirakan menghasilkan saldo 45 juta euro [menjadi 85 juta jika ditambah Kondogbia dan Caprari).

Sementara itu dari pembelian klub musim 2017/18 seperti: Milan Skriniar (23 juta), Matias Vecino (24), Borja Valero (5.5), Roberto Gagliardini (20) dan Dalbert (25), plus rekrutan musim 2018/19 seperti: Lautaro Martinez (sekitar 20 juta) dan Radja Nainggolan (38), akan menghasilkan angka total: 155.5 juta.

Jika mengambil kesimpulan hari ini, maka dipastikan beberapa pembelian musim 2017/18 dan 2018/19 akan ditinggal Spalletti dalam skuad Liga Champions, karena saldo penjualan tidak mencakup nilai total pembelian. Tapi bagaimanapun, Nerazzurri masih memiliki waktu hingga 18 Agustus (transfer ditutup) untuk menjuali pemain yang ada di skuad Eropa musim 2016/17, untuk membuka ruang masuknya pemain dalam skuad UCL.

Hal ini yang juga menjadi alasan mengapa nilai transfer Santon ke AS Roma cukup tinggi, semata sebagai taktik Ausilio untuk meningkatkan saldo penjualan skuad Eropa musim 16/17.


Disunting oleh : CALCIOBUZZ

Referensi: calcioefinanza.it/2018/06/14/inter-come-funziona-lista-champions-fpf/ dan it.eurosport.com/calcio/europa-league/2016-2017/liste-europa-league-inter-senza-jovetic-kondogbia-joao-mario-e-gabigol-roma-senza-mario-rui_sto5815085/story.shtml

Ada yang perlu dikomentari?